Jl. Nira Watro, Desa Kmp. Baru , Kec. Banda, Maluku Tengah, Maluku 97593 | (0910) 21013 / (0910) 21013 | sma1_banda@yahoo.co.id

Pengaruh Pendidikan terhadap Perubahan Kemajuan Suatu Bangsa

Senin, 30 Maret 2020 16:34


Pengaruh Pendidikan terhadap Perubahan Kemajuan Suatu Bangsa

Bicara perihal pendidikan kita semua pasti sudah mengetahui bahwa begitu pentingnya pendidikan itu. Pendidikan, kemampuan, pengetahuan adalah satu diantara modal yang kita punyai untuk hidup di zaman yang serba susah ini. Kenapa disebutkan demikian? Kita pasti telah dapat menjawabnya, apa hal pertama yang dipandang apabila kita mau ajukan surat lamaran perkerjaan? Apa yang kita perlukan saat akan mengawali satu usaha atau usaha?

Sudah pasti pendidikan, kemampuan, wawasan serta pengetahuanlah yang kita perlukan. Didalam bangku pendidikan sangat banyak hal yang kita peroleh. Namun tak tahu kenapa sangat banyak warga di Indonesia ini yg tidak mengenyam bangku pendidikan seperti harusnya, terutama di beberapa daerah terpencil di seputar lokasi Indonesia ini. Kelihatannya kesadaran mereka tetang utamanya pendidikan butuh ditingkatkan.

Seperti yang diungkapkan Daoed Joesoef perihal pentingnya pendidikan : “Pendidikan adalah semua bagian penghidupan, dalam pilih serta membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia” Serta tentulah dari pernyataan itu kita dapat mengambil rangkuman bahwa Pendidikan adalah hal yang amat utama serta tak dapat terlepas dari kehidupan. Menjadi bangsa yang maju pasti menjadi harapan yang ingin diraih oleh setiap negara didunia. Telah jadi satu rahasia umum bahwa maju atau tidaknya satu negara dipengaruhi oleh aspek pendidikan.

Demikian utamanya pendidikan, hingga satu bangsa bisa diukur apakah bangsa itu maju atau mundur, karena seperti yang kita kenali bahwa satu Pendidikan tentu akan mencetak Sumber Daya Manusia yang memiliki kualitas baik dari sisi spritual, intelegensi serta skill serta pendidikan adalah proses mencetak generasi penerus bangsa. Jika output dari sistem pendidikan ini tidak berhasil maka susah dipikirkan bagaimanakah bisa meraih perkembangan. Untuk satu bangsa yang mau maju, pendidik mesti dipandang juga sebagai suatu keperluan sama seperti dengan kebutuhan-kebutuhan yang lain. Jadi tentu penambahan mutu pendidikan juga punya pengaruh pada perubahan satu bangsa.

 
SMAN 1 Maluku Tengah | Artikel

Artikel Terkait

Tambah Komentar

Komentar

Komentar tidak ditemukan